Jumat, 22 April 2011

no pain no gain>>tooth bracket alias kawat gigi

sudah hampir 2 tahun lebih gw masang kawat gigi. padahal tuh ya niat awalnya cuma 1 setengah tahun. dokter gigi ortho gw juga bilang gitu. tapi ternyata karena kebiasaan gw yang suka lupa konsul buat sekedar ngebersihin atau ganti karet dan kawat alhasil nih kawat gigi masih nyaman nangkring di gigi gw.
tapi seenggaknya gigi gw yang dulunya berantakan pangkat dua alias berantakan banget sekarang memang udah jauh lebih rapih. nih before dan after-nya gigi gw---cermati perubahan yang terjadi pada gigi gw..hehehe
before_2009


after_now

kalo gak salah ya gw pasang kawat gigi itu bulan oktober tahun 2009. gw sengaja masang di jambi biar ada yang nemenin. nyokap gw ngebawa ke dokter gigi kenalanya dan langsung bilang gw mau pasang kawat gigi. hari itu juga gigi gw dicetak pake cetakan yang baunya kayak pasta gigi. dimasukkin ke mulut gw, trus dilepas lagi sekitar 10 menit kemudian. kata dokternya cetakan ini bakal jadi kenang-kenangan gigi gw yang berantakan itu dan sekaligus mempermudah dia buat ngukur kawat dan sebagainya.
trus hari itu juga gigi gw dicabut. awalnya, sebenarnya yang harus dicabut 4 gigi tapi berhubung pas gw SMA udah pernah dicabut gingsul (sejenis gigi taring yang tumbuh di gusi) jadi tinggal 3 gigi lagi yang harus dicabut. yang gw inget sih kalo gak salah yang dicabut itu semuanya geraham yang paling depan. sakitnya sih biasa aja karena sebelum dicabut gw disuntik bius dulu, jadi mulutnya kebal gitu.tapi setelah pulang dan pengaruh biusnya ilang baru deh cenat cenut rasanya. untungnya si dokter ngasih gw resep antibiotik dan obat pengurang rasa sakit. 2 minggu dari gw cabut gigi, gw balik lagi ke tuh dokter dan hari pemasangan behel alias kawat gigi pun datang. Katanya sih harusnya 1 bulan masa penyembuhan pasca cabut, tapi berhubung gw mepet mau balik lagi ke bogor jadi gw maksa penyembuhannya 2 minggu aja :p.
jadi pas hari-H setelah gigi gue dibersihin dari karang dan kotoran, mulut gw dibuka dan ditahan pake sejenis alat penyangga gitu yang digigit di antara rahang atas dan rahang bawah. Soalnya butuh waktu sejam lebih buat masang seluruh bracket ke gigi gw. Dan lucunya lagi si asisten dokter megang alat aneh gitu, bentuknya kayak vacuum cleaner versi kecil. Pas gw nanya itu alat apa, katanya itu alat penyedot ludah atau saliva, yucks..tau aja tuh dokter kalo produksi ludah gw berlebihan, untungnya gak suka ngacay kalo lagi tidur ^^. Trus si dokter mulai masangin tuh bracket satu per satu ke semua gigi gw. Caranya bracket yang udah dia siapin dikasih sejenis lem kuat gitu (nih kerjaan asistennya) sementara si dokter sibuk ngebersihin gigi gw pake cairan warna biru yang rasanya asem banget trus gw disuruh kumur-kumur. Setelah itu gigi gw dikeringin pake sejenis alat yang cara kerjanya kayak hair dryer. Trus ditempel deh tuh bracket ke gigi dan dilaser pake alat laser selama beberapa menit.
Abis semua gigi dah punya bracket masing-masing, baru deh gw disuruh milih warna karet yang gw suka. Inget banget gw milih karet warna merah. Itu warna karet pertama kawat gigi gw. Trus dipasang deh kawat yang tipis banget dan masing-masing bracket dikasih karet sekaligus buat nahan kawat yang posisinya melintang di bracket-bracket itu. Beres deh pemasangan kawat gigi yang kira-kira 2 jam itu. Alhasil mulut gw bener-bener pegel abis mangap gede dan lama banget. Malam itu sih gw masih bisa makan semau gw, tapi 2 hari kemudian buat ngatupin rahang aja susah karena nyeri-nya bukan main. Kayaknya gigi-gigi gw semuanya pada ngegeser dari tempatnya. Ada kali 2 minggu gw nggak bisa makan dengan benar >>ini nih yang disebut ‘no pain no gain’ alias usaha itu sepadan dengan hasil yang diperoleh.
seenggaknya gw puas sama gigi gw yang sekarang. Rapih dan biking gw lebih pede buat cengar cengir sana sini..hehehe. tapi saran gw ya, buat yang masang kawat gigi cuma buat gaya doank mendingan mikir lagi deh, soalnya pake kawat gigi itu gak sekeren keliatannya. Sakit banget setiap abis dikencengin, trus suka sariawan kalo kesenggol atau ketusuk kawatnya, dan satu lagi kata temen gw kalo pake kawat gigi jadi susah mingkem :p.

1 komentar:

  1. Alamat Dokter gigi di jambi yg dimana ny ya kalau bole tw?

    BalasHapus