Rabu, 27 April 2011

bogor masih tetap kota hujan

gw, hujan, dan bogor. sebuah perpaduan yang kadang benar-benar membuat hati jengkel. bukan masalah dingin atau basahnya. tapi masalah becek dan betapa gw sering masuk ke kubangan air di jalan. bayangin, pernah suatu malam, gw dan reiza lagi jalan bareng pulang dari mana gitu menuju kontrakannya dia. berhubung motornya dia lagi mati suri alias rusak jadi kita berdua jalan kaki dan ngelewatin gang-gang kecil gitu. dan kebetulan waktu itu baru aja abis hujan dan genangan air memenuhi jalanan. tiba-tiba, crooot..gw nginjek lubang pertama. si reiza cuma ngeliat dikit doank, cuek. trus gak lama kemudian, crrooott untuk yang kedua kalinya, dan beberapa saat kemudian, croott untuk yang ketiga kalinya. dan akhirnya reiza angkat bicara 'jalan aja di belakang gw, ikutin langkah kaki gw'..doeennkk, berasa jadi anak kecil yang baru buat jalan dengan benar aja susah. bayangin, untuk perjalanan yang cuma butuh waktu sekitar 15 menit gw masuk genangan air 3 kali, ya ampun! nyampe ke kontrakan reiza kaki gw gatal ampun-ampunan kayak kesiram HCl buat ngebersihin alat gelas di laboratorium. dan kejadian itu bukti kalau gw dan genangan air memang berjodoh (^^)7

trus anehnya lagi ya, hujan di bogor itu suka nggak jelas. di daerah darmaga (kampus) hujan eh di bubulak (kosan gw) malah kering sama sekali. padahal jarak kosan-kampus paling jauh juga cuma 2 km. jadi gw saranin kalau ada yang mau pergi dan merasa cuaca baik-baik saja di kediaman masing-masing mendingan telpon dan cari tahu dulu apakah tempat tujuan yang ingin didatangi sama cerahnya dengan kediaman anda. apalagi kalau sore, benar-benar nggak bisa diprediksi dah yang namanya hujan di bogor.


hujan  di bogor
tapi di balik itu semua, gw sebenarnya senang kalau hujan. asalkan gw gak lagi di luar dan gak nyebur-nyeburin kaki ke genangan atau kubangan air. gw paling suka kalau lagi hujan trus gw duduk di teras atau nggak di kamar sambil buka jendela lebar-lebar. ngeliatin air, ngedengerin tetesannya, dan menikmati udara dingin. paling enak kalau ditemenin yogurt atau susu dingin..asik banget dah!

yogurt dingin
terus sehabis hujannya berhenti udara di luar pasti segar banget. berasa bersih banget karena polusinya udah dibawa sama air hujan ke tanah. terus langit juga terlihat lebih indah, biru tanpa awan dan bersih. bikin hati bisa lebih nyaman. 

satu lagi yang bikin gw seneng kalau hujan adalah kunang-kunang. jadi setelah beberapa kali gw survey, ternyata setiap habis hujan suka banyak kunang-kunang yang terbang di sawah depan kosan gw (hahaha, berasa desa banget dah, masa di depan kosan ada sawah). dan yang bikin paling senang, kemarin malam gw ngeliat kunang-kunangnya bareng reiza. so sweet dah kayak di pelm-pelm :p. jadi inget dulu reiza pernah nangkepin kunang-kunang di kosan lamanya dia. berhubung kosannya dia yang dulu di belakangnya juga sawah (nah lho, bayangin sawah lagi coba) jadi memang suka ada kunang-kunang dan waktu itu kebetulan itu kunang-kunang terbang di depan kamarnya dia dan langsung dia tangkap terus dimasukin ke plastik bening. semaleman tuh kunang-kunang gw maenin dan ujung-ujungnya malah mati (RIP)..tuan kunang-kunang, maafkan kesalahan gw. kalo tau kamu bakal mati kalo ditangkap, gw gak bakal minta ditangkepin sama reiza.

dan yang pasti satu hal yang ditunggu-tunggu kalau hujan adalah pas berhenti eh muncul pelangi, walaupun nggak setiap habis hujan selalu ada pelangi. jadi intinya jangan pernah ngeliat sesuatu itu dari satu sisi aja. kalau kata mama, setiap kejadian, seburuk apapun sekacau apapun senggak suka gimana pun kita pasti ada hikmah yang bisa diambil..
semoga kita bisa jadi orang yang objektif yang bisa melihat sesuatu dari segala sisi..Amin #sedang dalam masa pembelajaran :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar