Sabtu, 07 Mei 2011

dewasa bukan cuma obrolan soal umur

yang namanya berselisih paham itu sangat wajar dalam hubungan. kalian harus belajar untuk tidak menganggap itu akhir dunia dan melihat segala hal dari banyak sisi. kalau tidak, apa-apa cukup diselesaikan dengan perpisahan, kata putus atau perceraian

kutipan kalimat di atas gw ambil dari satu novel yang kemarin gw baca ulang. novel karangan sitta karina, penulis favorit gw. novel yang dia buat jujur, dan terkadang banyak pelajaran yang bisa gw ambil tanpa gw harus mikir berulang-ulang. 
pas gw baca, gw jadi kepikiran. kalimat itu sederhana tapi kalau dicerna bener-bener bisa jadi pelajaran hidup. contohnya aja kehidupan kita sendiri, mahluk sosial jadi alasan kita untuk selalu berinteraksi dengan orang lain dan tiap orang punya isi kepala yang berbeda, jadi sudah sangat wajar kalau pertengkaran atau salah paham dan sejenisnya sering terjadi. mau sama orang tua, mau sama pacar, mau sama sahabat, bahkan guru atau dosen sendiri. dan gw adalah satu dari sekian banyak orang yang seringkali berpikir ketika seseorang berselisih paham dengan orang lain = mereka tidak cocok = mereka harus berpisah dan tidak ditakdirkan bersama. dan sekarang gw baru sadar kalau tidak cocok bukan berarti tidak bisa hidup bersama bukan?
contoh nyata nih, kalau gw dan pacar gw berantem pasti yang ada di otak gw itu putus, pisah, cerai atau apapun itu istilahnya. tapi balik-baliknya pasti gw sendiri yang bakalan nyesel sama keputusan yang udah gw ambil. dan dia selalu nasehatin gw "jangan jadi anak kecil, segala sesuatu itu jangan dipikir dari satu sisi doank!". ya intinya begitu-lah. sedikit banyak gw paham sama yang dia omongin tapi terkadang gw butuh waktu untuk ngeluarin emosi. jujur gw bukan tipe orang extrovert yang bisa dengan mudahnya cerita sana sini kalau gw punya masalah. kalau masalahnya belum benar-benar bikin gw nyerah, gw bakalan tetap berusaha simpen, ya paling-paling yang keliatan muka masam dan tingkah laku gw yang berubah jadi grasa' grusu'. jadi setiap gw marah, emosi atau nggak suka sama sesuatu, gw selalu harus ngeluarinnya dalam bentuk yang berbeda, entah itu nangis, marah-marah atau jadi selalu minta ditemenin walaupun gw sebenarnya nggak lagi pengen ngapa-ngapain. kalau disuruh cerita apa yang gw rasain bisa sampai berjam-jam baru gw bisa cerita  karena itu bukan hal mudah. tapi jujur, gw merasa amat sangat beruntung punya cowok model dia, dia dewasa!cuma itu yang bisa gw simpulkan dari segala hal yang sudah gw alami selama ini.

masalah yang sama juga pernah gw hadapin waktu zaman gw SMA. akhir-akhir kelas 3 gw pernah berantem hebat sama sahabat-sahabat gw.. bayangin, bahkan perpisahan SMApun gw nggak sama mereka ngerayainnya. kejadian paling menyedihkan yang bahkan sampai sekarang masih bikin gw ngerasa bersalah adalah pas ulang tahun gw zaman kelas 3 SMA dan saat-saat gw memang lagi nggak akur sama mereka. jadi ceritanya pas hari ulang tahun gw ini gw pergi sama temen-temen gw yang lain buat makan-makan. dan ternyata pas gw pulang dan masuk kamar ada kado boneka bantal warna pink dan kue ulang tahun lengkap dengan lilin di atasnya yang udah habis. betapa saat itu gw ngerasa sangat bersalah. ternyata sahabat-sahabat gw dateng dan berencana bikin surprise buat hari ulang tahun gw. makanya sampai sekarang pun gw masih agak sedikit  kurang suka sama yang namanya surprise karna terkadang  bisa jadi amat sangat  menyakitkan. dan cerita perselisihan gw dan mereka berlanjut sampai  tamat SMA dan kita sama-sama sibuk nyiapin segala keperluan masuk universitas. awalnya gw sempat berpikir gw dan mereka memang sudah nggak cocok dan nggak bakalan pernah bisa temenan lagi. dan nyatanya sekarang, gw dan mereka sahabatan lagi. bahkan tanpa perlu ada permintaan maaf maupun deklarasi perdamaian. ternyata yang kita butuhkan cuma waktu, karna kadang kata maaf sama sekali tidak dibutuhkan untuk orang-orang yang bahkan sama sekali nggak pernah kita benci.

kesimpulannya, terkadang orang-orang termasuk gw suka lebay alias berlebihan kalau menghadapi suatu perselisihan. yang namanya nggak cocok itu wajar tapi bukan berarti nggak cocok selamanya kan. kalau nggak, pengadilan agama bakal penuh ngurusin perceraian suami-istri yang kalau ngerasa nggak cocok langsung nyebutin kata talak alias cerai. jadi mungkin hanya dibutuhkan sedikit keihkhlasan untuk meminta maaf dan untuk memaafkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar