Selasa, 10 Mei 2011

pensiun

10 Mei 2011, hari ini hari terakhir gw jadi asprak (asisten praktikum) limnologi. akhirnya selesai juga masa tugas tahun kedua di mana tahun pertamanya dipenuhi oleh ke'gabut'an. 
jadi ceritanya itu, gw gabung di tim asisten untuk salah satu mata kuliah bagian produktivitas lingkungan dan perairan. sebenarnya tepat setahun yang lalu gw dan beberapa temen seangkatan (ayu, alim, ekie, hendry, arif r, dan arif nto) juga sudah bertugas. tapi sayangnya jadwal untuk tugas sebagai asprak pada tahun itu bentrok dengan jadwal kuliah. jadi-lah kita meng-gabut dan hanya datang ke laboratorium pada 1 jam terakhir di mana praktikum sudah beres dan tugas kita tinggal icip-icip konsumsi.
tahun ini kita nggak bisa gabut karena jadwal sudah kosong berhubung SKS habis dan nggak ada kuliah sama sekali kecuali buat yang masih ada kuliah kayak ekie dan beberapa orang yang udah mulai sibuk penelitian. gw seneng jadi bagian dari tim, belajar banyak tentang kualitas air yang memang jadi kompetensi di mata kuliah ini. ini mah ya yang bener-bener kerja keras mulai dari praktikum hari pertama buat nyiapin alat dan membiasakan diri buat megang alat-alat gelas, bahan kimia, sampai alat instrumen yang mahalnya ampun-ampunan (masa' ada yang seharga mobil, miris gila!). 
mulai dari kehirup bau buffer asetat yang gw baru tahu kalau di botolnya ada gambar tengkorak dan artinya larutan berbahaya, juga sempet ditakut-takutin sama senior gw kalau tuh larutan bisa ngasih diskon umur dan ngebikin gw panik setengah mati. terus telapak tangan yang 'molting' alias ngelupas abis karena kebanyakan nyuci pake larutan HCl dan sabun dan berasa perih-perih gimana gitu sampai tangannya jadi bener-bener kasar kayak bibi cuci. sampai pengalaman nyampur-nyampurin limbah migas yang bau setengah mati dengan air kran. tapi yang pasti, gw menikmati itu semua. ngerasa bisa ngasih manfaat buat orang lain sekaligus dapet manfaat buat diri sendiri, jadi mahir deh sama yang namanya analisis kualitas air. hehehe..

terus yang paling lucu itu adalah ngadepin praktikannya itu sendiri. yang bisa dibilang kadang bikin kesel setengah mati, kadang bikin ngakak sampai sakit perut. yang biasanya bikin kesel mah ya, yang suka datang telat, yang suka lupa bawa rencana kerja-lah, kartu praktikum-lah, modul praktikum-lah. atau nggak yang suka bikin berisik ngobrol sana sini waktu lagi nerangin, padahal yang satu ini dulu juga jadi kebiasaan jelek semasa jaid praktikan :p. sedangkan yang bikin ngakak adalah ada dua praktikan ngocol asal departemen tetangga yang suka bikin ulah menakjubkan. sebut saja si A dan si B. mereka adalah dua praktikan paling kompak sepanjang sejarah yang tingkahnya bikin perut melilit. si A yang berbadan gede, hobi nyanyi2 sendiri dan suka senyam senyum sepanjang praktikum. rekor tingkah teraneh adalah mengubah fungsi masker yang harusnya sebagai penutup mulut dan hidung menjadi topi ala perawat di rumah sakit (omigoodd, bayangin donk!). trus si B, praktikan berwajah oriental ini kemaren sukses bikin sekelas ngakak karena cara dia megang pipet drop yang ajaib. bayangin, pake dua tangan dan pas dipencet, crroooottt,,keluarnya banyak banget dan bisa dipastikan lebih dari 0.05 ml..hahaha. ternyata masih ada praktikan yang bahkan nggak bisa menggunakan pipet drop dengan baik dan benar.

yang pasti sih, gw ngerasa seneng bisa melalui satu semester ini dan minggu depan ditutup oleh praktikum lapang. situ pangasinan, we're coming...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar